Temu Racana se-Jawa Timur dan NTB

Temu Racana se-Jawa Timur dan NTB

Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka mengikuti Temu Racana Pramuka Pandega Perguruan Tinggi Islam (TRP3TI) ke-IX se Jawa Timur dan Nusa Tenggara  Barat (NTB), yang mengambil  tema Solidaritas Budaya untuk  Menumbuhkan Semangat Nasionalisme.” 

Pertemuan tersebut diselenggarakan oleh Dewan Racana K.H. Hasyim Asy’ari-Fatmawati STAIN Kediri sebagai tuan rumah, dan berlangsung selama enam hari (26-31 Agustus 2013).  

TRP3TI awalnya diadakan oleh Gerakan Pramuka Pandega IAIN Sunan Ampel Surabaya untuk menyatukan kembali hubungan kekeluargaan antara Pramuka ekstra IAIN Sunan Ampel. Tujuan dari TRP3TI IX tahun 2013 yakni mempertemukan seluruh anggota Pramuka Pandega Perguruan Tinggi Islam se-Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat guna mempererat tali kekeluargaan, saling bertukar pengalaman, dan mengaplikasikan bakti kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang nyata.

Selama enam hari (30 juni – 04 juli 2013), enam belas anggota UKK Pramuka STAIN Pamekasan yang terpilih mengikuti berbagai agenda kegiatan di Bumi Perkemahan STAIN Kediri. Pada hari senin (1/7), peserta melakukan bakti sosial ke panti asuhan, dilanjutkan dengan kunjungan ke industri rumahan getuk pisang dan batik Kediri. Hari berikutnya (2/7), UKK Pramuka STAIN Pamekasan melakukan kunjungan dan pelatihan ke ekstra kurikuler (ekskul) pramuka MTsN Kediri. Disamping  itu, UKK Pramuka STAIN Pamekasan bersama dengan Pramuka dari Perguruan Tinggi lain juga melakukan donor darah. Keesokan harinya (3/7) mereka pergi ke objek-objek wisata di Kediri, yakni  ke Simpang Lima Gumul, Gunung  Kelud. 

Dari hari pertama sampai terakhir selalu diisi dengan penyampaian materi tentang kepramukaan. Sehingga tidak hanya mempererat silaturahim antar anggota pramuka se-Jatim dan NTB, TRP3TI juga memantapkan pengetahuan para peserta dalam hal kepramukaan. (SNJ) 


Tulisan ini dimuat di Tabloid WARTA STAIN Pamekasan Edisi 1 (Januari-April 2014) dalam rubrik "Kampusiana" saat penulis menjadi reporter di tabloid tersebut.

0 Response to "Temu Racana se-Jawa Timur dan NTB"

Posting Komentar

Apa pendapatmu tentang tulisan ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel