Pekan Bahasa Arab se-Madura 2014

Pekan Bahasa Arab se-Madura 2014

Himpunan Mahasiswa Program  Studi Pendidikan Bahasa Arab  (HIMA PRODI PBA) mengada kan acara rutinitas tahunan yang  bertajuk usbu’ul lughah al-arabiyah  (Pekan Bahasa Arab) se-madura.  Acara yang diadakan oleh HIMA  PBA tersebut dilaksanakan selama  satu pekan dan diformat dalam  beberapa bentuk lomba, dian taranya demonstrasi berbahasa  Arab, drama, lomba pidato, lomba  debat, komentator bola berbahasa  Arab, terjemah, dan acara terakhir  berupa seminar nasional. 

“Membumikan Bahasa Arab  bersama STAIN Pamekasan”  adalah tema yang dipilih pada  acara usbu’ tahun ini. Menurut  Fieza (sekertaris panitia) tema ini  berangkat dari sebuah kesadaran  tentang perlunya membumikan  Bahasa Arab di STAIN Pame kasan, mengingat STAIN Pame kasan adalah salah satu instansi  yang benuansa keislaman. 

Acara yang dimulai pada  tanggal 25-30 Mei 2014 tersebut  mendapat apresiasi yang san gat baik dari mahasiswa STAIN  Pamekasan maupun dari luar.  

Peserta yang hadir pada acara  pembukaan tidak hanya berasal  dari kampus, namun juga banyak  delegasi-delegasi dari sekolah  maupun madrasah yang ingin  mengadu kemampuan dan kre atifitas dalam lomba-lomba yang  diselenggarakan.  

Pekan Bahasa Arab dibuka  secara simbolik oleh Ahmad  Syafi’e selaku Bupati Pamekasan,  yang disambut meriah oleh para  mahasiswa khususnya mahasiswa  Prodi PBA. Moh. Arif selaku ketua  panitia menegaskan bahwa acara  ini merupakan acara yang sangat  semarak dan belum pernah ia  rasakan selama berada di kampus. 

Selain itu menurut ketua HIMA PBA, Abd Malik, acara pe kan Bahasa Arab tahun ini benar– benar memberikan nuansa dan  warna tersendiri. Selama 4 hari  diisi dengan kegitan lomba dan  terakhir disuguhkan pengetahuan  mengenai ke-bahasaan. “Semoga  dengan adanya acara ini mampu  membangkitkan ghirah Bahasa  Arab bagi seluruh mahasiswa,  khususnya mahasiswa Prodi  PBA,” tambahnya. (SNJ) 


Tulisan ini dimuat di Tabloid WARTA STAIN Pamekasan Edisi 2 (Juli-Desember 2014) dalam rubrik "Kampusiana" saat penulis menjadi reporter di tabloid tersebut.

0 Response to "Pekan Bahasa Arab se-Madura 2014 "

Posting Komentar

Apa pendapatmu tentang tulisan ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel