Domain dan Hosting my.id Gratis dari #KampongInternet

Domain dan Hosting my.id Gratis dari #KampongInternet

Setelah sekian lama tidak berjumpa dengan teman-teman blogger madura, akhirnya pada acara #KampongInternet kemarin bisa ngumpul lagi. Aku bersama 2 orang teman dari kampus berencana untuk datang ke acara tersebut. Meski sempat kesal lantaran mereka berdua naik motor dan aku terpaksa harus naik bis sendiri, namun rasa kesal itu hilang ketika sampai di tempat berlangsungnya acara.

#KampongInternet ini dilaksanakan di sumenep, tepatnya di Gedung Aula STKIP Sumenep. Awalnya sih tempatnya di gedung kesenian sumenep, tapi entah mungkin karena beberapa alasan dipindahkan kesana. Well, itu tidak masalah, yang penting acara tetap berjalan.

#KampongInternet di sumenep benar-benar acara yang keren dan eman untuk dilewatkan. Banyak sekali orang-orang keren yang berkumpul. Sebut saja Sigit Widodo dari Pandi, ada Mujib dari Bukalapak.com, mas Pradna dari gerakan Desa Membangun dan yang tak kalah penting mas Wahyu Alamsyah selaku klebun plat-m. Ada juga mas #lupanamanya yang juga sharing tentang usaha sepatu lukisnya yang berpusat di bangkalan, yang omsetnya  bener-bener bikin liur menetes.

Sebelum acara dimulai, sepertinya ada pementasan tarian tradisional. Aku tidak sempat menyaksikan karena datang terlambat. Namun aku tau dari foto kegiatan dan juga sempat melihat beberapa penari di luar gedung tempat acara berlangsung.

Banyak hal penting yang aku dapatkan dari acara ini. Saat mas wahyu bicara tentang pertumbuhan social media di Indonesia, aku sempat tercengang. Ternyata Indonesia berada di posisi 3 besar dunia dalam hal penggunaan social media seperti facebook dan twitter. Bahkan, pusat penggunaan twitter dunia (aktivitas penggunaan twitter terbanyak) ada di Jakarta. That’s truly amazing.

Lain lagi dengan bang Mujib dengan lapak penjualan online-nya. Aku sendiri sih pernah mendengar tentang bukalapak.com, tapi baru kali ini bertatapan langsung dengan orang yang berada di belakangnya. Bang Mujib bercerita tentang macam-macam situs transaksi online, bagaimana memilih produk yang baik di internet, bagaimana berjualan di toko online meskipun tidak memiliki produk yang akan dijual, dan juga ia sharing tentang tips melakukan transaksi jual-beli online.

Mas Pradna bercerita tentang sebuah desa di daerah Jawa Barat yang terletak di lereng gunung. Awalnya desa ini sangat tertinggal dan terisolasi. Namun berkat inisiatif penduduk dan aparat desa yang dibantu oleh komunitas mas Pradna (yang kemudian dinamakan Desa Membangun), desa tersebut kini dkenal luas dan mendapatkan banyak penghargaan. Hal itu karena di desa tersebut internet benar-benar dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat desa. Hampir seluruh kawasan desa dijangkau oleh jaringan wifi, sehingga masyarakat desa bisa memanfaatkan nya untuk pertanian, perdagangan, dan menyebar luaskan potensi desa ke dunia luar.

Selanjutnya giliran Pak Sigit Widodo yang menyampaikan serta mensosialisasikan domain .ID kepada kami. Ada banyak sekali pilihan domain ID yang tersedia, tentunya dengan syarat-syarat tertentu. Untuk domain my.id persyaratannya hanya melampirkan scan KTP, sdangkan untuk domain yang lain syaratnya berbeda. Sigit juga menyampaikan bahwa penggunaan domain ID juga bisa membantu sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Menurutnya, dengan memasarkan produknya melalui domain .ID hal itu bisa membantu calon konsumen untuk memilih produk. Karena UKM yang menggunakan domain ID haruslah UKM yang memenuhi persyaratan, bukan UKM yang fiktif atau buatan. Sigit Widodo juga menerangkan tentang penggunaan domain desa.id. Domain ini khusus untuk website desa.

Banyak door prize menarik selama acara berlangsung. Beberapa kali aku mencoba untuk mendapatkan hadiah. Aku acungkan tangan untuk bertanya (yang bertanya mendapatkan hadiah) namun tak pernah disuruh untuk maju. Setelah berkali-kali mengacungkan tangan dan tetap tidak dipilih aku ngambek, tak lagi mengacungkan tangan. Namun akhirnya aku maju ke depan saat kesempatan itu datang. Lagi-lagi aku harus kecewa karena hanya mendapatkan Pin Plat-m (aku sudah punya itu =_=) dan aku harus ngiri ke temanku yang mendapatkan kaos dari PANDI.

Hadiah masih banyak bertebaran, lalu tibalah pada pembagian 10 domain dan hosting MY.ID bagi 10 orang yang bisa menjawab pertanyaan. Dalam hati aku berkata “aku harus dapat domain dan hosting”. Dengan semangat mengebu-gebu aku acungkan tangan berkali-kali. Berulang kali tidak dipilih, dan meskipu diilih, berulangkali juga tak bisa menjawab dengan benar. Tinggal 4 domain yang tersisa, dan sepertinya mas Wahyu kehabisan pertanyaan. Disinilah keberuntungan menghampiriku. Pertanyaan yang sebelumnya sudah ditanyakan kembali diajukan ke peserta. Dengan cekatan aku langsung acungkan tangan. Dan tentu saja, jawabanku benar. Aku masih ingat, pertanyaannya begini, “Apa akun twitter kecamatan Batang-Batang?”, dan jawaban yang aku sampaikan adalah, “@KecBatangBatang”. Yes, akhirnya aku dapat domain dan hosting dari pandi dan bisa membuat teman-teman di sebelahku ngiri. :D

Setelah acara selesai, kita semua berpose bareng. Dengan liciknya, aku dan temanku masing-masing mengambil 2 sertifikat (satunya untuk cadangan, takut yang satu hilang diterpa angin). Senam lidah dengan menguyah pentol dengan cabe yang banyak -pedasnya aduhai- lalu aku pulang ke Pamekasan dengan bis.

It’s unforgetable experience. Can’t wait for the next event hold by Nak-Kanak Blogger Madura Plat-M.

0 Response to "Domain dan Hosting my.id Gratis dari #KampongInternet"

Posting Komentar

Apa pendapatmu tentang tulisan ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel