Rangkul yang Muda, Sebarkan ke Dunia

Rangkul yang Muda, Sebarkan ke Dunia

Pasar bebas ASEAN bukanlah hal yang baru, namun bukan sesuatu yang basi untuk dibahas. Pengaruhnya pun sangat besar bagi perekonomian Indonesia. Untuk menghadapinya, banyak hal yang harus kita persiapkan, agar nantinya bangsa Indonesia tidak sekedar menjadi penonton ketika bangsa lain dengan mudahnya masuk ke pasar Indonesia.

Sebenarnya moment ini merupakan kesempatan bagi anak muda untuk unjuk gigi dan bersaing meramaikan pasar bebas ASEAN. Sebagai generasi yang masih fresh dan penuh dengan ide-ide baru dan orisinil, pengusaha muda Indonesia sangat bisa diandalkan dan mempunyai daya saing yang tak kalah, bahkan lebih daripada pengusaha yang lebih tua.

Beberapa kenalan saya adalah pengusaha muda yang penghasilannya sudah mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Kebanyakan dari mereka adalah pengusaha di bidang produk kreatif. Pemerintah seharusnya bisa melihat potensi ini pada pemuda Indonesia. Yang harus dlakukan pemerintah adalah merangkul para pengusaha muda dari seluruh daerah di Indonesia. Berilah mereka arahan tentang pasar bebas ASEAN. Kemudian berikan pelatihan tambahan mengenai dunia pemasaran Internasional. Dengan melakukan hal ini, wawasan pengusaha muda akan lebih terbuka, sehingga hal itu bisa memacu daya kreatifnya agar lebih meningkat. Karena sesungguhnya ‘kreatif’ dan ‘berani’ adalah amunisi utama para pengusaha muda.

Selanjutnya, pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun daerah harus melakukan pelatihan bisnis online bagi pengusaha muda. Dengan memasarkan bisnis secara online, maka akan terjadi penghematan transportasi dan yang paling penting bisa mnghemat waktu dan tenaga. Transaksi juga akan lebih efisien serta memudahkan pengusaha dan pembeli produk/pengguna jasa. Tentu hal ini juga harus didukung oleh pihak terkait seperti penyedia layanan internet, penyedia domain dan hosting serta komponen lainnya.

Kemudian pemerintah juga harus menggaet komunitas blogger untuk ikut bekerjasama. Dengan mengajak komunitas blogger yang ada di seluruh Indonesia (yang mayoritas adalah kaum muda) aliran informasi tentang produk para pengusaha muda akan membanjiri mesin pencari (search engine). Tentu hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Pengusaha muda diuntungkan karena informasi tentang produknya sampai ke konsumen di seluruh dunia melalui blog. Sedangkan blogger mendapat keuntungan berupa traffic dan cost dari pengusaha apabila ada yang memesan produknya melalui blog yang bersangkutan.

Beberapa hal diatas tidak akan maksimal jika dilakukan secara terpisah. Untuk itu, perlu adanya sinkronisasi program agar semua program yang telah disebutkan diatas bisa diimplementasikan secara berkesinambungan dan terkait satu sama lain. Dukungan dari semua pihak sangatlah diperlukan untuk merealisasikan hal tersebut.

0 Response to "Rangkul yang Muda, Sebarkan ke Dunia"

Posting Komentar

Apa pendapatmu tentang tulisan ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel