Menjalin Silaturrahim dengan Orang Tua/Wali Mahasiswa

Menjalin Silaturrahim dengan Orang Tua/Wali Mahasiswa

STAIN Pamekasan selalu  berupaya untuk menjalin  silaturrahmi dengan orang  tua/wali mahasiswa. Hal ini  diwujudkan dalam “Temu  Silaturrahmi Forum Orang  Tua/Wali Mahasiswa Baru”  yang bertempat di masjid  kampus, Sabtu (20/9).  

Kegiatan temu orang tua/wali ini  merupakan kegiatan rutin yang diada kan setiap tahun oleh STAIN Pamekasan.  Pertemuan ini bermaksud untuk mem perkenalkan kampus, visi dan misi, serta  program STAIN Pamekasan secara lang sung kepada orang tua/wali mahasiswa  baru. Sebanyak 1400 undangan dituju kan kepada semua orang tua/wali ma hasiswa baru angkatan tahun 2014, dan  yang menghadiri pertemuan lebih dari  800 orang. 

Dalam acara ini pihak kampus  memberikan penjelasan tentang kondi si kampus dan melakukan klarifikasi atas kabar miring tentang kampus yang  ada di media. Kemudian para pimpinan  memberikan pengarahan agar pembi naan mahasiswa tidak hanya sebatas  diselesaikan oleh kampus, akan tetapi  juga menjadi tanggung jawab orang  tua untuk mengawasi dan memberi kan masukan kepada putra-putrinya  agar bisa belajar dengan baik di STAIN  Pamekasan.

Menurut ketua panitia, Saiful Hadi,  adanya pertemuan itu sangat tepat  sekali, karena kebanyakan orang tua  tidak benar-benar tahu tentang STAIN  Pamekasan. Selain penyampaian dan  pengenalan kampus, dalam pertemuan  ini juga dilakukan diskusi terbuka  antara orang tua/wali dengan pihak  kampus. 

“Alhamdulillah orang tua yang had ir memiliki semangat yang tinggi dan  memasrahkan penuh putra-putrinya.  Artinya, kepada STAIN Pamekasan  mereka sangat berharap agar anak anak mereka benar-benar bisa berhasil  sesuai dengan tujuan yang diinginkan,”  kata Saiful Hadi. 

Banyak sekali saran yang disampai kan oleh orang tua, terlebih tentang jam  kuliah malam. Orang tua mengeluhkan  dan meminta agar jam kuliah malam di hapuskan, karena mereka khawatir ter jadi hal yang tidak diinginkan karena as pek pengawasan pada malam hari tidak seefektif di siang hari. Kemudian para  orang tua meminta agar pihak kampus  menjaga agar jangan sampai terjadi pergaulan bebas di lingkungan kampus.  

Pimpinan kampus menanggapi hal  tersebut secara positif. Kepada orang  tua, pimpinan kampus mengatakan  bahwa mereka masih menunggu pem bangunan gedung-gedung perkuliahan  baru, agar bisa menampung jumlah  mahasiswa yang tiap tahun semakin  bertambah. Jika pembangunan gedung  perkuliahan cepat rampung, maka san gat memungkinkan mahasiswa akan  masuk siang semua, sesuai dengan  harapan para orang tua/wali. 

“Pertanyaan yang diajukan para  orang tua kepada STAIN Pamekasan  merupakan pertanda bahwa ada perha tian yang besar dari mereka terhadap ke berlangsungan masing-masing anak un tuk tetap bisa kuliah dan selesai sesuai  dengan prosedur yang sudah ditentukan  oleh STAIN Pamekasan,” ujar Saiful. 

Untuk semakin memperkuat ikatan  antara orang tua mahasiswa dengan kampus, dibentuklah forum orang tua/ wali mahasiswa. Menurut Saiful Hadi,  melalui kepengurusan forum itulah  STAIN Pamekasan akan menindaklanjuti  program-program terkait dengan pembinaan mahasiswa.  

“Keberadaan forum ini menjadi  kepanjangan tangan untuk menyampai kan informasi-informasi dan melaku kan diskusi-diskusi supaya lebih efektif  dalam rangka mengembangkan maha siswa. Informasi tersebut bisa berupa in formasi langsung atau melalui website  STAIN Pamekasan,” ujar pria yang juga  menjadi ketua tim kerjasama STAIN  Pamekasan ini. (SNJ) 


Tulisan ini dimuat di Tabloid WARTA STAIN Pamekasan Edisi 3 (Januari-Juni 2015) dalam rubrik "Civitas" saat penulis menjadi reporter di tabloid tersebut.

0 Response to "Menjalin Silaturrahim dengan Orang Tua/Wali Mahasiswa"

Posting Komentar

Apa pendapatmu tentang tulisan ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel