Semarak Muda Berkarya 2015

Semarak Muda Berkarya 2015

Unit Kegiatan Khusus Lembaga Pers Mahasiswa (UKK LPM) mengadakan “Semarak Muda Berkarya (SMB)”.  SMB merupakan suatu rangkaian acara yang dikemas  dengan sejumlah kegiatan. Beberapa diantaranya meru pakan acara perdana. SMB berlangsung selama dua hari  (20-21/5) dan bertempat di Gedung Auditorium Sekolah  Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan. 

Pada hari pertama, Rabu  (20/5) pukul 8.00, SMB diawali  oleh pembukaan dan dilanjut kan dengan seminar kepenulisan  yang dihadiri sekitar 100 peserta.  Dalam seminar kepenulisan ini,  LPM Activita bekerjasama den gan Forum Lingkar Pena (FLP)  Pamekasan. Peserta seminar be rasal dari kalangan mahasiswa  dan siswa se-Pamekasan. Seminar kepenulisan mengundang pe nulis asal Jogyakarta sebagai pe materi. Sebagai seorang penulis,  pemateri membagikan pengala man dan tips kepenulisan. Hal itu  disambut oleh banyaknya pertan yaan yang diajukan oleh peserta  seminar.  

SMB dilanjutkan dengan  lomba Majalah Dindng (Mading)  Recycle 3D tingkat siswa SMA sederajat se-Pamekasan pada  pukul 13.00. Acara ini mengun dang perhatian sebagian maha siswa STAIN Pamekasan untuk  ikut menyaksikan sengitnya per saingan masing-masing sekolah.  Dengan batas waktu 2 jam, para  perwakilan sekolah mampu me nyelesaikan Mading 3D dengan  maksimal. Untuk penilaian, LPM  Activita mengundang mahasiswa  Institut Seni Indonesia (ISI) Jog yakarta Naufan Noord yang be rasal dari Pamekasan untuk men jadi juri. 

Malam harinya, pukul 19.00,  nonton bareng dan diskusi film  dokumenter yang belum pernah  diadakan di kampus. Film yang  dipilih berjudul “Linimassa 1”,  film pertama dari trilogi linimassa. Film ini berkisah mengenai  penggunaan internet, khususnya  social media, untuk tujuan yang  positif. Acara ini dibuka untuk  umum dan mengundang salah  satu dosen, Mashur Abadi sebagai  fasilitator. Diskusi film berlangsung santai dan diikuti oleh 50  orang peserta. 

Keesokan harinya, Kamis  (21/5) SMB dilanjutkan dengan  presentasi 5 nominator lomba  “Menulis Surat Untuk Bupati”  tingkat mahasiswa se-Pamekasan  pada pukul 8.00. Dari semua pe serta lomba, dipilihlah 5 nomina tor. Setiap nominator diberikan  kesempatan untuk mempresen tasikan karyanya di hadapan dewan juri.  

Selanjutnya, pukul 11.00, acara dilanjutkan dengan Bedah Novel “Di Bawah Kaki ar-Rahman”, yang merupakan novel karya pemuda Pamekasan. Pembedah adalah penulis sendiri, sedangkan yang menjadi pembanding adalah M. Faizi, seorang penulis dan sastrawan Sumenep. Selain mengupas dan membedah isi novel, M. Faizi juga berbagi tips kepenulisan dan sharing pengalaman dalam dunia literasi. 

Untuk memupuk tali silaturrahim antara anggota, pengurus dan alumni, LPM Activita juga mengadakan kegiatan temu alumni UKK LPM Activita. Temu alumni dihadiri oleh beberapa  alumni dan dimulai pukul 13.30.  Pertemuan diawali dengan ta’aruf antara anggota LPM dan alumni.  Kemudian alumni berbagi pengalaman saat masih aktif di LPM  Activita. Anggota dan pengurus  juga bercerita tentang keadaan  LPM saat ini dan meminta pan dangan alumni. Temu alumni ini  merupakan pertemuan yang kedua selama periode 2014-2015. 

Pukul 15.00, acara terakhir  sekaligus acara puncak dalam  SMB adalah pemberian hadiah  kepada para pemenang lomba  sekaligus penutupan.  

Menurut panitia, SMB akan  diteruskan di tahun berikutnya  dan menjadi acara tahunan.  Meskipun dengan persiapan yang  kurang maksimal serta minimnya  dana, SMB bisa terlaksana den gan baik. (SNJ) 


Tulisan ini dimuat di Tabloid WARTA STAIN Pamekasan Edisi 4 (Juli-Desember 2015) dalam rubrik "Kampusiana" saat penulis menjadi reporter di tabloid tersebut.

0 Response to "Semarak Muda Berkarya 2015"

Posting Komentar

Apa pendapatmu tentang tulisan ini?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel